Rabu, 22 Februari 2012

Tentang Pubertas


T: umur gue sekarang 15 tahun. Kata guru, gue sekarang sedang berada
dalam masa puber. Gue udah sering denger tentang masa 'puber, tapi gue
belum ngerti banget apa itu masa puber. Tolong dijelasin dong!
J: Masa puber adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan
besar-besaran, dari struktur tubuh anak-anak menjadi struktur tubuh orang dewasa.
Awal dimulainya masa puber pada cowok antara umur 13 atau 14 tahun (lebih
lambat dari cewek yang udah mulai saat umur 11 atau 12 tahun), dan akan berakhir
sekitar umur 17 - 18 tahun. Tapi ini nggak mutlak, soalnya kondisi tubuh
masing-masing orang kan beda-beda. Jadi ada juga cowok yang mengalami masa
puber lebih cepet atau malah terlambat. Karena perubahan besar-besaran ini terjadi
di semua lini dan berlangsung dalam waktu yang nyaris bersamaan, perasaan dan
emosi kita pun kerap terganggu.
T: Gue cowok 17 tahun, tapi gue belum pernah mimpi basah. Padahal setiap
hari gue selalu melakukan masturbasi. Kenapa bisa begini?
J: Kalo tiap hari melakukan masturbasi, kemungkinan mengalami mimpi basah
emang kecil. Mimpi basah kan salah satu mekanisme alamiah tubuh untuk
mengeluarkan sperma yang melebihi kuota kantong sperma. Nah, kalo tiap hari
masturbasi, jumlah sperma yang tersimpan dalam kantong sperma jelas nggak akan
pernah overload, soalnya kan dikeluarin terus sebagian saat masturbasi. Jadinya ya
kamu nggak mimpi basah-mimpi basah deh.
T:  Belakangan  suara  gue  aneh  banget,  kadang  kecil,  kadang  besar.  Gue
udah periksa ke dokter THT tapi katanya nggak apa-apa, gue cuma lagi
mengalami vice crack. Gangguan apa itu?
J: Voice crack alias suara pecah adalah proses dimana pita suara seorang cowok
mengalami perubahan, dari yang tadinya tipis menjadi lebih tebal. Ini proses
alamiah yang pasti dialami remaja cowok saat berada pada masa puber. Dalam
masa puber struktur organ-organ tubuh kan berubah, gitu juga dengan suara,
berubah dari suara anak-anak menjadi suara cowok dewasa yang lebih berat.
T: Umur gue 16 tahun, kelas satu SMU. Gue punya masalah dengan kulit,
berminyak banget dan jerawatan. Saking banyaknya, tuh jerawat nggak
cuma menyebar di muka, tap! juga di leher dan punggung. Gue udah coba
berbagai obat jerawat, tapi nggak hilang-hilang. Gimana nih?
J: Masalah kulit berminyak dan jerawat udah trade mark-nya masa remaja. Karena
saat remaja tubuh kita pertumbuhannya sedang pesat, kerja kelenjar minyak di
tubuh (kelenjar minyak ini paling banyak terdapat di sekitar muka. punggung, dada,
dan bokong) ikutan kenceng, makanya minyak yang diproduksi jadi berlebih. Kalo
berminyak begini. kotoran jelas lebih gampang nempel dan menyumbat pori-pori.
Buntutnya, terjadi lah peradangan di kulit yang bisaa kita sebut jerawat. Kamu
nggak perlu bingung, seiring berjalannya waktu, kerja kelenjar minyak ini akan
kembali normal dan jerawat akan berkurang dengan sendirin
T: Bener nggak kalo orang yang IQ-nya tinggi bisaanya perkembangan
organ-organ seksual dan aktivitas seksualnya terlambat?
J: Nggak bener tuh. IQ nggak berpengaruh terhadap perkembangan organ-organ
seksual . Yang berpengaruh terhadap perkembangan organ-organ seksual adalah
gizi makanan yang kita makan dan kesehatan tubuh. Tapi kalo soal aktivitas seksual
emang ada pengaruhnya. Orang yang IQ-nya tinggi kemungkinan besar bisa
mernbuat keputusan yang tepat dalam soal aktivitas seksual. Karena otak encer,
jadinya bisa mikir lebih panjang, apa untung-ruginya kalo mau melakukan suatu
aktivitas itu. Intinya, orang yang IQ-nya tinggii bisa lebih mengendalikan dorongan
nafsu sex-nya.
T: Gue tengsin banget kalo lagi ngumpul bareng temen-temen, apalagi kalo
abis olahraga. Pasalnya, badan gue baunya kecut banget. Gue udah pake
berbagai parfum, tapi masih aja baunya ngalah-ngalahin wangi parfum.
Padahal dulu badan gue nggak sebau ini lho. Kenapa bisa begini?
J: Seumuran kita emang lagi banyak-banyaknya mengeluarkan keringat. Lantaran
kerja organ-organ tubuh rodi, sekresi yang dikeluarkan juga jadi lebih banyak.
Akibatnya, tubuh pun jadi semakin lembab, apalagi di daerah-daerah yang selalu
tertutup seperti ketiak dan sekitar alat kelamin. Kamu tau kan kalo daerah lembab
itu tempat kesukaannya bakteri? Nah, bakteri-bakteri ini lah yang menyebabkan
timbulnya bau kecut itu.
T: Umur gue hamper tujuh belas, tapi sampe sekarang bulu-bulu di badan
gue masih gersang. Padahal rambut gue lumayan lebat. Apa gue kurang
gizi?
J: Lebat-nggaknya bulu-bulu badan tergantung produksi hormon testosteron di
tubuh. Soalnya, hormon testosteron lah yang merangsang kelenjar-kelenjar bulu
untuk bertumbuh. Semakin banyak hormon testosteron yang dihasilkan tubuh, bulu
akan tumbuh semakin banyak. Sebaliknya, kalo tuh hormon kurang, pertumbuhan
bulu jelas terhambat. Nah, yang menentukan kemampuan tubuh memproduksi
hormon testosteron, selain gizi, juga faktor genetis dan keadaan lingkungan.

bersambung..........tunggu berikutnya.........

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar